Nasional Trending Topic

Thursday, 18 February 2021 - 14:06 WIB

4 months yang lalu

Universitas Aisyah Pringsewu Gelar Workshop BKD dan LKD Tahun Akdemik 2020/2021

PRINGSEWU – Sebanyak 61 Dose mengikuti sosialisasi dan workshop penyusunan Beban Kerja Dosen (BKD) dan Laporan Kinerja Dosen (LKD) Tahun Akademik 2020/2021 yang diselenggarakan oleh SPI Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) yang digelar Lantai 3 (Tiga) Komplek Universitas setempat, di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 1, Tambah Rejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Kamis, (18/02/2021).

Kegiatan tersebut, merupakan sosialisasi dan workshop BKD dan LKD yang di ikuti oleh dosen-dosen di universitas setempat.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang juga di atur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Salah satu poin dalam isi regulasi diatas disebutkan, Bahwa, dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Turut hadir dalam acara sosialisasi dan workshop itu, yakni, Fitriana, S.SiT., M.Kes selaku Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Herdono, S.Kep., Ners., M.Kep, Wakil Rektor I Ani Kristianingsih, SST., M.Kes, Wakil Rektor II Yenny Marthalena, SE., M.M, Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN, Unsur pimpinan Dosen di universitas UAP.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep mengatakan, beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kinerja dosen. yakni, unjuk kerja Tridharma perguruan tinggi sebagai pengakuan atas kompetensi profesi dosen yang telah melalui proses sertifikasi dosen.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kinerja dosen, untuk memudahkan penyusunan beban kerja dosen dan mengerti secara teknis dalam penyusuan laporan kinerja dosen”,kata Hardono dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Ditempat yang sama, Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, S.SiT., M.Kes., memberikan apresiasi kepada rektor dan jajarannya, karena, sejatinya dosen wajib hukumnya untuk melaksanakan dan menjunjung Tridharma perguruan tinggi.

“Tugas utama dosen tersebut adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (Dua Belas) SKS dan paling banyak 16 (enam belas) SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik”, pintanya.

Karena, pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.

Buku Pedoman yang dimaksudkan untuk memberikan arah dan tata-cara penetapan beban kerja dosen dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Lebih lanjut dikatakan Fitriana menurutnya, sebagaimana diketahui bahwa dosen adalah salah satu komponen essential dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi.

“Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional”, ucapnya.

Bukan itu saja, Masih kata Fitriana menjelaskan, tugas Dose ialah, ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab.

“Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional”, pungkasnya.

Sementara, sosialisasi dan workshop penyusunan penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) Tahun akademik 2020/2021 yang dimoderatori Nur Aminudin, M.T.I.

Diketahui dalam kegiatan sosialisasi dan workshop penyusunan penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) yang ditunjuk sebagai pemateri di isi oleh :

Kepala SPI Universitas Aisyah Pringsewu Surmiasih, S.Kep., Ns., M.Kes dimulai dengan materi regulasi implementasi dan Rubrik BKD serta dilanjutkan dengan penyusunan/pengisian LKD dan BKD.

Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom dengan materi, sosialisasi Aplikasi untuk Mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Riska Hediya Putri, S.Kep., Ners., M.Kep dengan materi Kinerja Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Tahta Herdian Andika, M.T.I dengan materi Aplikasi LPPM Universitas Aisyah Pringsewu.

Perlu diketahui, Aplikasi yang dikembangan oleh TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu yang diketuai oleh Zulkifli, S.T., M.Kom, hal ini merupakan salah satu terobosan bagi Universitas Aisyah Pringsewu dalam memudahkan dosen mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Rls/Agus Supriyadi)

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya