Hukum dan Kriminal Nasional Pemerintahan Suara Rayat Trending Topic

Saturday, 8 May 2021 - 00:51 WIB

2 months yang lalu

Tiga Ormas Laporkan Penghina Bupati Pringsewu Ke Polda Lampung

PRINGSEWU – Tak terima Ulama dan Bupatinya dihina, Tiga organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Pringsewu melaporkan Heri Ch Burmeli ke Polda Lampung. Jumat, (07/05/2021).

Pelaporan ketiga ormas ini, langsung diarahkan ke Kasubdit Siber Polda Lampung, untuk dilakukan analisa kasus oleh ahli bahasa.

Ketiga ormas itu ialah, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Banser, dan Ormas Tim Andalan Masyarakat Pasukan Inti Lampung (Tampil) DPD Kabupaten Pringsewu. Ketiga ormas tersebut, melaporkan Heri Ch Burmeli atas dugaan penghina kepada Sujadi Saddat yang merupakan Mustasor Nahdlatul Ulama (NU) dan Bupati Pringsewu saat ini.

Tudingan melalui video yang diduga diproduksi dan disebarkan oleh Heri Ch Burmeli. Dalam isi video yang diduga bermuatan ujar kebencian terhadap Sujadi Saddat, yang tersebar di group Media Sosial (Medsos) melalui pesan singkat WhatsApp messenger beberapa waktu lalu.

Ketiga ormas ini, melaporkan pelaku ini karena merasa tidak terima karena apa yang disampaikan diduga pelaku di video tersebut mengandung kebencian dan penghinaan terhadap Bupati Pringsewu. Bahkan, Heri Ch Burmeli mengancam akan menurunkan Sujadi Saddat dari jabatannya.

“Jika masuk kasus pidananya maka pelaporan bisa ditindak lanjuti”,kata kuasa hukum ormas Tampil, Febri Kurniawan, SH.

Lanjutnya, Febri mengungkapkan, menurutnya, dalam kasus ini, masuk dalam kategori delik aduan.

“Sebaiknya, Bupati Sujadi langsung yang melaporkan kasus ini”, terang Febri.

Ditempat yang sama, Ediyanto Ketua Ormas Tampil DPD Pringsewu mengatakan, pihaknya memposisikan selaku masyarakat Pringsewu. Tentunya, dengan kejadian tersebut tidak terima. Jika Bupatinya dihina dengan ucapan yang tidak etis, sebagai apapun dia (Heri Ch Burmeli) tidak sepatutnya melakukan hal seperti itu.

“Kita tahu betul dengan Bupati Sujadi, selain beliau seorang Ulama yang memiliki kepribadian sangat santun, dihina begitu juga beliau diam saja. Maka dari itu, kami ormas Tampil yang melaporkan”, kata bang Edi.

Sementara, A Zainuddin S.Hi Perwakilan dari GP Ansor Pringsewu mengatakan, bukan hanya ormas Tampil, Pihaknya dari GP Ansor dan Sumarna dari Banser juga turut melaporkan ke Polda Lampung.

Hal ini, sebagai bukti kekesalan masyarakat Nahdiyin di Kabupaten Pringsewu terhadap prilaku Heri Ch Burmeli, yang telah menyebarkan kontens video di medsos melalui grup WhatsApp yang diduga mengandung ujar kebencian terhadap Mustasor Nahdlatul Ulama.

“Langkah kami, untuk melaporkan Heri Ch Burmeli ke Polda Lampung atas persetujuan Ketua NU Pringsewu, kami sudah diberi izin, sudah didoakan oleh Ketua NU”, ucapnya. (DN/SH)

Artikel ini telah dibaca 110 kali

Baca Lainnya