Hukum dan Kriminal

Wednesday, 6 January 2021 - 13:10 WIB

6 months yang lalu

Posbakumadin Tanggamus Gelar Diklat Paralegal

LAMPUNGINSPIRATIF.COM, TANGGAMUS – Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Cabang Tanggamus Provinsi Lampung menggelar pelatihan untuk Paralegal, sesuai instruksi dari Pimpinan Pusat POSBAKUMDIN dengan Surat Edaran (SE) No. 093/DPP.PERADIN. Rabu, (06/01/2021).

Dalam hal ini, Ok. Armet Ripanding selaku Advokat sekaligus Ketua Posbakumadin Tanggamus, mengatakan bahwa Surat Edaran tersebut langsung dari Pimpinan Pusat yang mewajibkan Paralegal mengikuti Diklat.

“Memberikan pemahaman bagi pendamping hukum agar seorang paralegal bisa menjalankan sesuai dengan aturan yang ada saat melakukan pendampingan di lapangan, “Ucapnya.

Selain itu, Armet Menjelaskan Diklat Paralegal tertuang di dalam PERMENKUMHAM RI No. 01 Tahun 2018 Tentang Paralegal Dalam Pemberian Hukum, sehingganya mewajibkan Paralegal untuk ikut Diklat tersebut, sebab Paralegal nantinya langsung mendapatkan sertifikat yang disyahkan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) oleh Kemenkum HAM pusat, “Jelasnya.

Armet menambahkan, Peserta Diklat di ikuti oleh 11 Calon Paralegal, di mulai pukul 08.30 Wib s/d selesai, dan diklat dilakukan secara zoom sesuai dengan protokol kesehatan demi mencegahnya penularan Covid-19.

“Tujuannya untuk memberi pengetahuan serta pemahaman tentang Bantuan Hukum sesuai dengan Mandatoring UU 1945 No 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum serta berdasarkan turunan Permenkumham No. 01 tahun 2018 tentang pembentukan Paralegal, “Ujarnya.

Sementara itu, Yudi Irawan salah satu peserta Diklat Paralegal sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya sangat berterimakasih kepada Posbakumadin Cabang Tanggamus yang telah memberikan kesempatan untuk dapat ikut Diklat Paralegal, karena banyak point-point penting terkait pendampingan Hukum bagi masyarakat yang membutuhkan, baik alur ataupun jalur yang akan ditempuh dalam pendampingan hukum, sehingga paralegal jelas dan dapat di akui oleh Hukum, “Pungkasnya. (Aldi)

Artikel ini telah dibaca 4019 kali

Baca Lainnya