Desa Membangun Nasional Pemerintahan Trending Topic

Friday, 17 July 2020 - 01:35 WIB

11 months yang lalu

Pemerintah Pekon Banjarmasin Berikan Transparansi Penyaluran Bantuan Covid-19

TANGGAMUS – Pemerintah Pekon Banjarmasin, Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus, mulai merealisasikan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2020 kepada warga miskin yang terdampak Covid-19.

“Realisasi BLT DD juga disaksikan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pihak Bank BRI”,ujar Herlan Pj Kepala Pekon Banjarmasin, Jumat (17/07/2020).

Dengan menghadirkan masyarakat dan dari unsur Muspika tersebut, sebagai wujud transparansi pihaknya selaku Pemerintah Pekon Banjarmasin terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menurut Herlan mengatakan, selain bantuan BLT DD juga direalisasikan bantuan lainnya yang bersumber dari pemerintah pusat.

Adanya realisasi bantuan pemerintah yakni, BLT DD, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Dari penerima bantuan sudah melalui tahapan pendataan ditingkat dusun, harapannya, dengan bantuan tersebut, masyarakat Banjarmasin bisa terbantu dan selalu bersyukur.

“Dengan kondisi Pandemi Covid 19, semoga masyarakat tetap bersyukur atas bantuan itu, meski, bagi penerima BPNT maupun PKH tidak bisa menerima BLT DD”,kata Herlan.

Lebih lanjut Herlan mengatakan, sebelumnya pemerintah Pekon Banjarmasin dan tim relawan melakukan pemasangan banner penerima bantuan sosial (Bansos) sebagai bentuk transparansi data penerima sejumlah bantuan pemerintah.

Pentingnya pemasangan banner penerima bantuan, sambung Herlan, sebagai transparansi publik agar tidak ada kekeliruan penrima manfaat penaggulangan dampak covid 19.

Hal itu kata Herlan, harus dilakukan untuk menghindari timbulnya kecurigaan masyarakat soal penyaluran bantuan-bantuan yang telah di tentukan, baik dari Pemerintah Daerah (Pemda) maupun bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Dengan demikian masyarakat bisa memantau penyaluran bantuan Covid-19”, harapannya.

Dirinya berserta perangkat Pekon lainnya, terus menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi prosedur protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan cara memakai masker, jaga jarak saat berkumpul dan berkerumun, cuci tangan menggunakan sabun, dan hindari perkumpulan dalam jumlah yang banyak”, ujar Herlan, pintanya kepada masyarakat setempat. (Agus/Maskur)

Artikel ini telah dibaca 570 kali

Baca Lainnya