Destinasi Nasional Pemerintahan Trending Topic

Tuesday, 11 May 2021 - 16:13 WIB

1 month yang lalu

Kemenag dan Sejumlah Ormas Islam Menggelar Isbat 1 Syawal, Posisi Hilal di Provinsi Lampung Masih Minus -4⁰ Hingga -6⁰

BANDAR LAMPUNG – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal Awal 1 Syawal Tahun 1442 Hijriyah, Tahun 2021 Masehi. Yang digelar di Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Selasa, (11/05/2021).

Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs H Juanda Naim, M.H didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Drs H Jamaludin, M.M, dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan, Drs Burhanudin, M.M, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut, A Kholil, Ketua MUI Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Kepala Pengadilan Agama Kalianda, Ketua Organisasi Keagamaan Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan ormas-ormas keagamaan lainnya Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Subbagian Tata Usaha, dan Pejabat di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, serta para peserta rukyatul Hilal lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan, Drs Burhanudin, menyampaikan permohonan maaf Bupati Lampung Selatan tidak dapat hadir menyaksikan langsung Kegiatan Rukyatul Hilal 1 Syawal Tahun 1442 H dikarenakan ada kegiatan bersamaan yang tidak bisa diwakilkan.

Lanjutnya, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Selatan mengapresiasi dan merasa bangga bahwasanya setiap tahun dijadikan sebagai lokasi Rukyatul Hilal baik Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Semoga dengan adanya momentum seperti ini, dapat terus terlaksana dengan baik dan dilakukan secara berkesinambungan. Serta, dapat mempererat tali silaturahmi dan saling sinergitas satu sama lainnya.

Ditempat sama, Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs H Juanda Naim, M.H, mengatakan, bahwa Pelaksanaan Rukyatul Hilal 1 Syawal Tahun 1442 H Merupakan wujud dari fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004.

Dalam isi fatwa tersebut, bahwa, penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal, dan 1 Dzulhijjah dilakukan oleh pemerintah setempat. Dalam hal ini, Kementerian Agama dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan MUI dan ormas-ormas Islam yang lainnya.

Dari hasil pantauan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Menggunakan dua metode, dua metode yang dijalankan ini, menjadi bagian yang tidak terpisahkan satu sama lainnya. Yaitu, metode hisab dengan cara perhitungan dan yang kedua adalah metode rukyatul atau dengan cara lihat langsung keberadaan Hilal.

Untuk dipahami bersama, bahwa dua metode ini. Baik metode hisab maupun rukyat bukan dua metode yang diperhadapkan satu sama lainnya atau dibenturkan. Kedua metode tersebut, ialah saling melengkapi satu sama lainnya.

Meski dalam situasi pandemi covid 19, Pelaksanaan Rukyatul Hilal 1 Syawal Tahun 1442 H. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat yaitu mengukur suhu tubuh, menjaga jarak, memakai masker dan menyediakan hand sanitizer. Hal ini, dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19.

Hasil yang diperoleh sore tadi, Seni, 11 Mei, 2020. Bahwa, ketinggian hilal saat matahari terbenam pada Selasa 11 Maret 2021 yang digelar di POB Bukit Gelumpai Pantai Canti, Kalianda.

Data hisab menunjukkan, ketinggian Hilal pada hari ini tanggal 29 Ramadhan, yang jatuh di Hari Selasa, 11 Mei 2021. Posisi Hilal masih berada di bawah ufuk atau masih minus antara -04⁰ hingga -06⁰.

Artinya pada sore hari ini posisi Hilal mustahil untuk dapat teramati karena masih minus. Kondisi tersebut, dikarenakan Hilal masih di bawah ufuk.

Dengan tidak terlihatnya Hilal di Tanggal 11 Mei 2021, Maka, Bulan Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 Hari. Sehingga, besok umat muslim di Provinsi Lampung masih menjalankan ibadah puasa.

Untuk kepastian tentang salat idul fitri menunggu kepastian sidang isbat yang akan dipimpin oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang akan digelar pada malam hari ini melalui stasiun TVRI dan media sosial Kementerian Agama Republik Indonesia. (DN/Anggithya)

Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya