Hukum dan Kriminal Trending Topic

Tuesday, 17 September 2019 - 19:34 WIB

1 year yang lalu

PT DCI Diduga Kerjakan Pembangunan SD Tidak Sesuai RAB

LAMPUNGINSPIRATIF.COM (PRINGSEWU) – PT Dian Citra Indonesia (DCI) sebagai pemenang tender Rp 14,2 Miliar, Dana tersebut, bersumber dari Kementerian PU-PR untuk rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana Sekolah Dasar (SD) 2 Pekon Bumi Arum, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, diduga realisasi pembangunan SD tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah ditentukan dalam kontrak.

Pasalnya dugaan menguat adanya pengurangan kualitas, PT Dian Citra Indonesia telah melakukan praktik akal-akalan dalam pengaturan adukan semen dan pasir.

Hal itu, dikatakan warga disekitar SD 02 Pekon Bumi Arum saat sedang melihat awal pekerjaan pembangunan. Mulai dari penggalian tanah untuk pondasi selasar dan Toilet (WC) cukup dangkal, selain itu juga saat pemasangan batu belah untuk pondasi tidak diberikan hamparan pasir terlebih dahulu.

“Saya sih hanya melihat aja”, ujar JM yang meminta namanya disingkat, Selasa (18/09).

Selain tidak adanya hamparan pasir sebelum pemasangan batu pondasi, juga dari hasil investigasi wartawan media ini di dua tempat berbeda. Terpantau secara kasat mata, pengarahan pengaturan campuran material tidak sesuai RAB.

Namun, dalam praktik di lapangan PT DCI menggunakan hitungan perkiraan antara campuran semen 1 ember dan 7 ember pasir untuk pemasangan pondasi dan pemasangan bata dinding.

Cukup disayang, saat media ini meminta untuk melihat RAB, pengawas dari pihak rekanan tidak bisa menunjukan berapa aturan pemakaian bahan material untuk adukan semen dan pasir tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) nomor 22 Tahu 2018 yang ditandatangani oleh M Basuki Hadimuljono penyedia jasa konstruksi sesuai dengan spesifikasi komponen bangunan gedung negara diuraikan dalam struktur kolom praktis dan balok pasang bata.

“Adukan pasangan bata yang digunakan sekurang-kurangnya harus mempunyai kekuatan yang sama dengan perbandingan semen dan pasir harus menggunakan, satu banding tiga”, menurut salainan Peraturan Menteri nomor 22 tahun 2018 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Hukum Putranta Satyanugrah, SH. M.Si. Jumat (14/09/2019).

Terpisah, Edi pelaksanaan PT Dian Citra Indonesia saat dikonfirmasi via telepon seluler mengatakan, pihak sudah mengerjakan sesuai dengan petunjuk dan keterangan dari gambar.

“Untuk pengguna kolom besi 6 mm, besi 8 mm, dan besi 12 mm. Tidak ada pengurangan volume”, kilahnya.

Ia juga menambahkan, penggalian tanah untuk pondasi pun sudah dikerjakan sesuai dengan prosedur gambar.

“Adapun temuan teman-teman media, saya akan melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan kepala tukang, soalnya, untuk pringsewu ada dua tempat, di SD 01 Pekon Sinar Baru dan SD 02 Pekon Bumi Arum”, tutupnya.

Untuk diketahui, PT Dian Citra Indonesia (DCI) sebagai pemenang tender rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana Sekolah di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran.

Berdasarkan informasi dari sistem layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian PU-PR untuk alokasi anggaran rehabilitasi dan renovasi sekolah Rp 17 Miliar, dan dimenangkan PT DCI sebagai pemenang kontrak dengan penawaran terendah Rp. 14,2 Miliar.

Hal itu juga diperjelas dengan adan papan informasi, tertulis Rp 14,2 Miliar untuk 9 lokasi sekolah yang berada di tiga Kabupaten, diantaranya.

1. SD 2 Punduh Pidada

2. SD 8 Punduh Pidada

3. SD 16 Negeri Katon

4. SD 39 Negeri Katon

5. SD 1 Sinar Baru

6. SD 2 Bumi Arum

7. SD 1 Gunung Tiga

8. SD 1 Tanjung Begelung

9. SD Padang Manis

(Liputan : Saefudin).

Artikel ini telah dibaca 2161 kali

Baca Lainnya