Desa Membangun Nasional Pemerintahan Trending Topic

Tuesday, 22 October 2019 - 13:25 WIB

4 weeks yang lalu

Program Dana Desa : Pekon Gadingrejo Fokus Pembangunan Insfratruktur dan Pembangunan SDM

PRINGSEWU – Program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019 Pekon Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Lebih fokus meralisasikan dalam bentuk pembagunan infrastruktur serta Pembagunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pembagunan fasilitas umum tersebut menjadi program skala Prioritas, Seperti pengerasaan jalan lingkungan yang sudah dilaksanakan di tahap ke dua.

Awalnya, jalan onderlagh tingkatkan pembangunannya menjadi jalan lapen, semuanya bersumber dari dana desa, direalisasikan yang ditempatkan setiap dusun di Pekon setempat.

Hal tersebut dikatakan Sukro Selaku Pelakasan tugas (Plt) Pekon Gadingrejo, sejak dirinya menjabat sepenuhnya diberikan tanggung jawab baik dalam segi pembangunan hingga terselenggaranya pemilihan Kepala Pekon definitif.

Menurutnya, Sejak dilantik, tugas saya mengelola anggran serta merealisasikan program dana desa tahun 2019.

“Tentunya, semua pembangunan tersebut landasan saya untuk bekerja berdasarkan RPJMdes dan APBDes tahun 2019 yang tersusun hasil kesepakatan Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musren tingkat Pekon”,ucap Sukro, Selasa (22/10).

Lebih lanjut Sukro menjelaskan, tanggung jawab yang ia emban, hanya bersifat sementara.

Ketika amanah itu diberikan kepada dirinya, dengan senang hati menjalankan tangung jawab tersebut.

“Ini merupakan amanah, apapun bentuk pemerintah ya harus diterima selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), Karena, harus siap menjalankan tugas untuk kepentingan masarakat setempat”, ujarnya.

Selaku Plt Pekon Gadingrejo, Sambung Sukro menuturkan, Ia akan bekerja semaksimal mungkin.

Hal itu, harus dibarengi dengan bentuk transparansi dalam pengelolaan anggaran.

“Bentuk kegiatan yang sudah dianggarkan, saya serahkan ke aparat pekon agar di kelolah sesuai prencanan yang ada, meliputi kegiatan fisik maupun pemberdayaan, langsung diserahkan kepada kaur sesuai dengan tupoksinya”, ujar sukro.

Masih Sukro memaparkan item peritem kegiatan yang sudah direalisasikan sejak berjalannya dana desa tahun 2019 diataranya.

Ditahap Pertama, Pekon Gadingrejo merealisasikan pembagunan jalan lapen di Dusun 5 (Lima) dengan panjang 955 meter, dan diteruskan tahap kedua, jalan lapen sepanjang 210 meter dengan anggran Rp 56 juta.

Selaian itu juga, masih ditermin kedua, Pekon Gadingrejo meneruskan pembagunan jalan lapen di Dusun 7 (Tujuh) sepanjang 1350 meter dengan anggaran Rp 313 juta.

Sedangkan pembagunan jalan lapen di Dusun 4 sepanjang 257 meter dengan anggran Rp 55 juta untuk pembagunan sumber daya manusia (SDM).

Dianggarkan tunjangan insetif guru ngaji dibidang keagamaan sebanyak 30 Orang dengan anggaran Rp 8 juta, bahkan, dianggarkan juga untuk tunjangan insetif petugas Posyandu di bidang kesehatan Rp 21 juta.

Secara geografis Pekon Gadingrejo memiliki luas wilaya Rejo 302,7 hektar, dengan jumlah penduduk 6720 jiwa terdiri dari 1740 Kepala Keluar (KK).

Sebagian masyarakat Pekon Gadingrejo memiliki mata pencarian disektor Pertanian dan mayoritas petani, dan ada juga menjadi pedagang.

Selain itu juga, Sukro menguraikan, Pihaknya masih mempersiapkan serta menyusun laporan dan pengajuan dana desa untuk tahap ke tiga.

Apabila tidak ada perubahan pada perencanaan, pihaknya akan merealisasikan pembagunan fisik. Yaitu, pembagunan drainase didusun 5 dengan panjang ukuran 536 meter.

“Total anggaran ditahap ke tiga, yang akan menyerap anggran berkisar Rp 212 juta, dan juga sebesar Rp 214 juta, untuk pembangunan drainase”, pungkasnya. (DN)

Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya