Desa Membangun Pemerintahan

Monday, 16 September 2019 - 03:57 WIB

2 years yang lalu

Pemerintah Pekon Kamilin Bangun Drainase Dari Program Dana Desa

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Kamilin, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, membangun infrastruktur Pekon yang bersumber dari program dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun anggaran 2019.

Tampaknya, benar-benar dimanfaatkan maksimal oleh Pemerintah Pekon Kamilin dengan memfokuskan Pembangunan infrastruktur Pekon, salah satunya, Pembangunan drainase di empat dusun.

Pembangunan drainase ini, selain sebagai penahan tanah juga untuk mencegah erosi tanah yang terbawa air ke jalan saat musim hujan turun.

Femi warga Pekon Kamilin menuturkan, dimusim penghujan tanah merah yang terbawa air kebadan jalan membuat licin saat dilewati pejalan kaki dan pengendara roda dua.

“Mesik jalan sudah onderlagh, namun saat musim hujan tanah jadi erosi kejalan, Alhamdulillah sekarang sudah dibangun drainase oleh pemerintah Pekon Kamilin”, ucap Femi.

Femi menambahkan, Sejak kepemimpinan Haji Jupri Kepala Pekon Kamilin, Pembangunan direalisasikan sacara merata dan tepat sasaran.

“Karen, sebelum melakukan pembangunan pemerintah Pekon Kamilin melakukan jaring aspirasi masyarakat yang berada di 4 dusun, hasil dari musyawarah dusun itulah awal awal arah pembangunan, jadi Pembangunan bisa merata”,bebernya.

Kini, beberapa dusun di Pekon Kamilin terlihat rapih dengan adanya sentuhan pembangunan.

Terpisah, sama halnya, dikatakan Rohani warga dusun Cidurian merasa bangga adanya pembangunan tempatnya.

“Waktu musdus warga Cidurian mengajukan agar ada pembangunan drainase ketiak musim penghujan air mengalir dengan baik, sekarang pemerintah Pekon sudah merealisasikan pembangunan tersebut, kami cukup berterimakasih sudah dibangun infrastruktur disusunnya”,kata Rohani, Jumat (13/09/2019).

Kepala Pekon Kamilin H Jupri mengatakan, Sejak dimulainya pembangunan program dana desa tahun anggaran 2019. Pihaknya, sudah melakukan penyerapan aspirasi melalui musyawarah dusun (Musdus).

Musdus tersebut, dilakukan sesuai perintah dari RPJMDes, hal itu guna mendengar apa yang menjadi harapan dari warga yang berada di 4 (Empat) dusun. Diantaranya, Dusun Paoh, Dusun Cidurian, Dusun Kota Agung dan Dusun Citutung.

Tahap satu (Pertama) program dana desa dimulai dari dusun Kota Agung dengan melakukan pembangunan drainase sepanjang 220 Meter dan di Dusun Citutung dengan panjang pembangunan drainase 250 Meter.

“Realisasi anggaran berdasarkan pertama sebesar 20 persen dari anggaran yang dimiliki oleh Pekon Kamilin”, jelasnya.

Untuk pembangunan tahap kedua, Sambung H Jupri kepada media ini menjelaskan, pemerintah Pekon Kamilin merealisasikan 40 persen anggaran yang dimiliki, empat puluh persen itu meliputi.

Pembangunan drainase 800 meter di dusun Paoh dan 200 meter di dusun Cidurian pekon setempat.

“Harapannya, pembangunan infrastruktur tahun 2019 bisa bermanfaat untuk masyarakat Pekon Kamilin”, ujarnya.

Karena, ini semua sebagai bentuk komitmen dirinya, Paska dilantiknya Menjadi kepala Pekon didefinitifkan.

“Paska terpilih dan dilantik saya berjanji akan amanah dengan melakukan terobosan Pembangunan di Pekon, dan pengabdian ini bisa diterima oleh masyarakat Pekon Kamilin”, harapannya.

Masih, Haji Jupri, Selain melakukan pembangunan drainase Pemerintah Pekon Kamilin juga membangun kantor Pekon sebagai prasarana pelayanan terhadap masyarakat.

“Empat dusun dibangun drainase dan satu kantor Pekon, agar masyarakat bisa diberikan pelayanan secara maksimal baik secara administrasi maupun pelayanan kemasyarakatan lainnya”,”pungkasnya. (DN)

Artikel ini telah dibaca 1061 kali

Baca Lainnya