Desa Membangun

Tuesday, 10 September 2019 - 18:45 WIB

2 years yang lalu

Pekon Gunung Raya Realisasikan Dana Desa T.A 2019 Untuk Pembangunan Fasilitas Umum

LAMPUNGINSPIRATIF.COM (PRINGSEWU) – Pembangunan infrastruktur di Empat dusun di Pekon Gunung Raya, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu berjalan dengan kondusif serta mendapatkan apresiasi dari warga setempat.

Pasalnya, Penyerapan Dana Desa (DD) tahap ke- I dan Dana Desa Tahap ke-II Tahun 2019 di Pekon tersebut, direalisasikan sacara merata dan tepat sasaran.

Ungkap itu dilontarkan, Yusman warga Dusun Pagar Bukit RT 03, RW 03 Pekon setempat. Selasa, (10/09).

Menurutnya, sejak awal dana desa tahun 2019 digulirkan Pekon Gunung Raya giat melakukan pembangunan hasil dari aspirasi atau musyawarah dusun (Musdus).

Penyerapan aspirasi ini, Menjadi pokok pemerintahan Pekon untuk melakukan pembangunan.

“Kami cukup bangga, sejak Kepala Pekonnya Pak Toyim, Dusun Pagar Bukit mendapatkan sentuhan pembangunan yang direncanakan direalisasikan di tahap ke-III”,kata Yusman.

Meski demikian, dirinya dan warga dusun tiga cukup gembira dengan adanya informasi pembangunan tersebut.

“Rencananya dusun 3 akan dibangun betonisasi/rabat beton sepanjang 150 meter, ajuan itu, sesuai waktu musdus”,ucap Yusman dengan senyum lebar.

Selain Yusman, Acungan jempol juga datang dari Issadat Kepala Dusun (Kadus) Suka Maju RT 02 RW 02 Pekon Gunung Raya. Ia mengatakan, Sangat bangga dengan pola kepemimpinan Kepala Pekon yang sekarang.

“Soalnya, masyarakat tidak terlalu kesulitan untuk bertemu dengan Pak Lurah (Kakon), karena, setiap hari ngantor dan selalu berkeliling kesetiap dusun”, ungkapnya.

Misalnya, adanya pembangunan jalan onderlagh di dusun suka maju, Kakon selalu mengontrol kegiatan pembangunan.

“Beliau selalu guyub (Kebersamaan) dengan memperkerjakan warga sekitar dusun suka maju, hal inilah yang mejadi kebangaan kami. Sejak ia (Toyim – red) mejadi Kakon, sudah ada dua Pembangunan, satu jalan onderlagh sepanjang 300 meter dan satu sumur bor”,bebernya.

Terpisah, belum genap satu tahun memimpin, gebrakan pembangunan cukup gencar dilakukan Pekon Gunung Raya, baik dari dana desa maupun alokasi dana Pekon (ADP) untuk sarana dan prasarana penunjang masyarakat.

Hal itu, dikatakan Wedi Kadus dusun satu RT 01 RW 01, Ia menuturkan, sejak dipimpin oleh Toyim Yusuf. Sudah lebih baik dari pemimpin sebelumnya.

“Karena, masyarakat butuh kerja nyata sesuai visi misi saat kampanye, Alhamdulillah, Pak Toyim Yusuf sudah membuktikan dengan merealisasikan dana desa melalui Pembangunan sarana umum”, ujarnya.

Ia menambahkan, di dusun satu Gunung Raya tahun 2019 cukup banyak sentuhan pembangunan. Contohnya, Pagar kantor Pekon, betonisasi jalan, tiang lampu jalan dan drainase.

“Artinya, kami tidak salah memilih pemimpin, kalau boleh kami sebut, dia itu ‘Bapak Pembangunan’ Pekon Gunung Raya”, ungkapnya.

Ditempat terpisah, saat dikonfirmasi media ini, pemerintah Pekon Gunung Raya, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, dalam merealisasikan penggunaan dana desa (DD) dan alokasi dana pekon (ADP) Tahun 2019 untuk percepatan pembangunan di lima kegiatan.

Yakni, bidang pembangunan Pekon, penyelenggaraan pemerintahan Pekon, pemberdayaan masyarakat, dan perencanaan Badan usaha milik desa (BUMdes).

Namun, dari kelima item kegiatan itu, Kepala Pekon Gunung Raya Toyim Yusuf mengaku, pihaknya masih fokus melanjutkan pembangunan fasilitas umum yang dibutuhkan warga.

Untuk itu, ujar dia, dari total penerimaan Rp 1,694 miliar, digunakan untuk pembangunan rabat beton Rp 193. 220.00,- dengan panjang 210 meter, pembangunan drainase Rp 648 juta, Sumur bor Rp 59 juta, Pembangunan jalan onderlagh, buist beton, dan cor badan jalan di dusun pagar bukit.

Semenjak saya dilantik menjadi Kakon definitif selalu sejalan dengan program pemerintah, melaui dana desa, kami fokus untuk membangun fasilitas umum sesuai dengan visi misi saya saat kampanye dicalon pilkkon lalu”,kata Toyim Yusuf.

Selanjutnya, kami dari pemerintah Pekon selalu berupaya melayani masyarakat yang sebaik-baiknya, tentunya, harapan tersebut juga harus mendapatkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat gunung raya.

Agar masyarakat juga aktif serta bisa mengontrol dan mengawal Pembangunan Pekon secara langsung, adapun Pembangunan tersebut di kerjakan secara bertahap.

“Setiap Pembangunan dan kegiatan lainnya harus melalui RPJMDes dan prosedur musyawarah dusun dan musyawarah desa, artinya, harus sesuai dengan musyawarah mufakat”, pungkasnya. (DN)

Artikel ini telah dibaca 3470 kali

Baca Lainnya