Nasional Pemerintahan Trending Topic

Monday, 4 November 2019 - 17:35 WIB

2 years yang lalu

Hj Mastuah Hadiri Pembukaan STQ Kabupaten Pringsewu 2019

PRINGSEWU – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pringsewu Hj Mastuah menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tahun 2019 yang ditempatkan dihalam Regency Hotel, Pekon Tambahrejo Barat, Kecamatan Gadingrejo. Senin, (04/11).

Kegiatan STQ tersebut akan digelar sampai tanggal 6 November mendatang.

Tujuannya, STQ untuk menghasilkan para Qori dan Qoriah terbaik, usai seleksi dan terpilih menjadi kafilah yang mewakili Kabupaten setempat di MTQ Ke-48 tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020 mendatang.

Secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Kabupaten Pringsewu Tahun 2019 dibuka langsung Bupati Pringsewu H Sujadi Saddat.

Sujadi Saddat dalam sambutannya berharap, melalui STQ akan terjaring para qori dan qoriah terbaik.

Yang nantinya, akan diikutsertakan di MTQ Provinsi Lampung ke-48 tahun 2020.

Ia mengatakan, di MTQ ke 48 Pringsewu dipercayakan menjadi tuan rumah event akbar yang diselenggarakan satu tahun sekali oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung.

Menurut Abah Sujadi, sapaan karibnya, yang juga Mustasyar PCNU Pringsewu, STQ kali ini sangat istimewa.

“kalau biasanya di selenggarakan masjid atau tempat lainnya, namun, STQ 2019 digelar di hotel”, ujar Bupati Pringsewu Dua Periode.

Ia mengharapkan, hasilnya yang di dapatkan selain terbaik, sesuai yang kita inginkan Bersama, hasilnya harus istimewah.

“Biasanya kita menggelar MTQ, tetapi tahun ini kita hanya menggelar STQ, jangan sampai kegiatan istimewa mengurangi makna dan semangat kita semua”, pintanya.

Masih Sujadi Saddat dalam kata sambutannya mengucapkan selamat bermusabaqah, semoga dengan proses yang baik ini, akan membawa hasil yang baik pula.

“Baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur, betul-betul dapat terlaksana”, harapnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, mewakili Sekdakab sekaligus Ketua LPTQ Pringsewu Drs A Budiman P.M dalam laporannya mengatakan, kegiatan STQ yang diikuti sebanyak 156 peserta, baik yang sudah dibina LPTQ maupun undangan.

Andi Wijaya saat membacakan laporannya menjelaskan, acara penyaringan calon kafilah Pringsewu digelar sejak dibukanya STQ dari tanggal 4 hingga 6 November 2019.

Namun, kegiatan tersebut tidak terpusat di regency hotel saja, tapi, terbagi dibeberapa titik penyelenggaraan, diantaranya.

Hotel Regency terdiri dari mimbar I, II, dan VIII, serta lokasi upacara pembukaan dan penutupan.

Selain itu juga digelar di Hotel Urban meliputi mimbar III, IV, V dan VI, serta Hotel Marissa untuk mimbar VII.

Masih Andi Wijaya menyebutkan cabang yang dilombakan, dari masing-masing STQ adalah golongan anak-anak dan remaja putra dan putri.

STQ Murattal remaja, dewasa, mujawad, golongan Tartil Qur’an dan cacat netra putra dan putri, SHQ golongan 1, 5 dan 10 juz putra dan putri.

“Dan SHQ golongan 20 dan 30 juz, tafsir bahasa Indonesia dan Arab, Seleksi Fahmil Qur’an, Seleksi Syarhil Qur’an, Seleksi Khottil Qur’an, serta Seleksi Maqolah Qur’an”,paparnya.

Terpantau media ini, yang turut menghadiri dalam acara pembukaan STQ 2019.

Bupati Sujadi Saddat, Wakil Bupati Dr H Fauzi, Hj Mastuah Wakil Ketua DPRD dan Rizky Raya Saputra serta para asisten dan staf ahli beserta kepala OPD dan camat se-Kabupaten Pringsewu, dan Marwansyah Kepala Kementerian Agama Pringsewu. (DN)

Artikel ini telah dibaca 229 kali

Baca Lainnya