Desa Membangun Destinasi Ekonomi & Bisnis Nasional Pemerintahan Trending Topic

Monday, 1 February 2021 - 06:28 WIB

5 months yang lalu

Dinas Ketahanan Pangan Berikan Motivasi Kepada Kelompok Peternak Kambing Maju Jaya

GADINGREJO – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu melakukan kunjungan kerja di kelompok Afinitas peternakan kambing “Maju Jaya” Pekon Yogyakarta Selatan, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

Dalam kunjungannya tersebut, pihaknya akan terus memberikan motivasi kepada kelompok penerima bantuan. Hal itu, dikatakan Iskandar Muda, kepala dinas ketahanan pangan Kabupaten setempat. Senin, (01/02/2020).

Meski dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19 saat ini, pihaknya tetap bekerja untuk turun langsung kelapangan (Kelompok penerimaan bantuan).

“Harapannya agar kelompok penerima bantuan dari Pemerintah bisa memberdayakan lembaga usaha pangan masyarakat berkelanjutan”, ungkapnya.

Kemudian, bantuan tersebut dapat berperan dalam upaya untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif dan menjadikan taraf hidup lebih sejahtera.

Karena, konsep pendekatan pemberdayaan masyarakat lebih penting serta untuk mengenali potensi.

“Menggali dan mengenali potensi wilayah, hal terdekat potensi itu ada disekitar pekarangan rumah, pekarangan kosong, kenapa demikian, agar lahan lahan itu produktif dan bisa di manfaatkan”, kata Iskandar.

Rangkaian acara kunjungan dinas ketahan pangan, menggunakan metode dialog dengan kelompok Afinitas. Sekaligus memastikan keberadaan jumlah bantuan kambing yang di berikan pada tahun 2019 lalu, sebanyak 20 ekor kambing.

Lebih lanjut dijelaskannya, afinitas ini merupakan program dari pemerintah yang sudah berjalan sejak tahun 2010.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pekon Yogyakarta Selatan Sugiyanto berharap, setelah adanya kunjungan ini dilaksanakan. Pengurus kelompok afinitas peternak kambing Maju Jaya, saling berkoordinasi dan selalu meminta arahan kepada dinas dan petugas terkait.

“Kami juga berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan untuk memberikan arahan dan dukungan agar cita-cita kelompok afinitas ini bisa terwujud”, Ujarnya.

Ditempat yang salam, Paryadi, Ketua Kelompok Afinitas Maju Jaya mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan motivasinya.

“Arahan dan motivasi kepada kelompok maju jaya, semoga harapan dan bantuan ini bisa membantu selalu sukses masyarakatnya kelompok maju jaya”, Ucapnya.

Turut serta dan hadir dalam acara itu, Iskandar Muda Kadis Ketahanan Pangan, Kepala Kesbangpol Sukarman, Kabid Politik dalam Negeri dan Ormas Paryono, Kabid ketersediaan dan kerawanan pangan Peni Widayati, Kabid konsumsi dan keamanan pangan Awaludin, Kepala Pekon Yogyakarta Selatan Sugiyanto, Ketua Kelompok Afinitas Maju Jaya Paryadi, serta anggota kelompok Afinitas. (Agus)

Artikel ini telah dibaca 160 kali

Baca Lainnya